Musik dapat diajarkan ke anak kita sejak dini loh, Bun..

Anak-anak bernyanyi dan bermusik bersama Anak-anak bernyanyi dan bermusik bersama

Musik adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan mood di tempat kerja. Tak heran jika banyak orang yang tertarik dengan musik. Begitu juga dengan anak-anak, Bu.
Bahkan, beberapa ahli mengatakan musik bisa menjadi terapi bagi bayi prematur. Tidak heran begitu banyak calon orang tua telah mendengarkan musik sejak anak-anak mereka dikandung.

Saat bayi lahir dan tumbuh, Anda juga bisa mulai mengenalkannya pada musik.

Nah, jika Anda ingin membantu si kecil tumbuh di bidang seni, kali ini Popmama.com telah merangkum 5 tips agar anak menyukai musik sejak dini.

Inilah yang dapat dilakukan seorang ibu untuk anaknya di rumah. Yuk, tonton sampai habis ya, Moms!

1. Mulai memasuki rahim
Cara pertama bisa dimulai saat bayi dalam kandungan ibu. Tidak hanya untuk berbicara, tetapi ketika seorang ibu memasuki minggu ke-18 kehamilannya, dia juga dapat mendengarkan musik yang dia sukai untuk menenangkannya dan membantu meningkatkan moodnya selama kehamilan.

Bukan hanya untuk sang ibu, tapi rupanya musik yang didengarkan sang ibu akan menular ke janin dalam kandungan. Hanya untuk mengetahui kemudian bahwa dia mendengar musik.

2. Mainkan instrumen sebagai lagu pengantar tidur.
Musik instrumental sering digunakan sebagai lagu pengantar tidur bagi banyak orang. Cara ini juga bisa digunakan oleh ibu sebagai pengantar tidur bayi Anda di malam hari.

Selain sebagai pengantar tidur yang dimainkan oleh ibu, dapat bermanfaat bagi anak-anak sebagai pengenalan musik di kemudian hari. Ibu tidak hanya bermain di depan anak, tetapi juga dapat menjelaskan bahwa itu adalah musik instrumental.

Dengan cara ini, anak tahu bahwa musik yang dia dengarkan adalah instrumental.

3. Mintalah anak-anak untuk bernyanyi sambil menari.
Anak 1 tahun ke atas cenderung lebih aktif dan ceria. Bu, menyanyi dan menari bisa menjadi cara terbaik untuk memperkenalkan musik dengan cara yang menyenangkan.

Triknya adalah dengan memainkan lagu yang mudah dipahami anak-anak dan kemudian mintalah anak mengikuti saat Anda menyanyikannya. Dijamin si kecil akan bersenang-senang dan membantu mereka lebih mendalami musik.

4. Memperkenalkan alat musik yang berbeda.
Meski masih sangat dini, Moms juga bisa mengajak anak mengenalkan berbagai alat musik sebagai pengenalan alat musik. Beri tahu anak Anda bahwa alat musik ini dapat memainkan musik yang didengarnya.

Misalnya, saat Ayah bermain piano, Ibu bisa mengajak bayi bermain piano dan merasakan suara setiap tuts piano yang dimainkan Ayah.

Tidak hanya alat musik, ibu juga bisa memainkan barang-barang rumah tangga yang bisa dijadikan sumber suara. Misalnya, mengetuk pot dengan sendok kayu atau mengetuk meja seperti drum. Dengan cara ini, anak-anak belajar tentang asal usul suara yang mereka dengar dari instrumen ini.

5. Masukkan lagu pendek dan berulang
Pada usia balita, Anda dapat memperkenalkan lagu pendek dan mengulanginya lagi dan lagi. Sehingga anak akan lebih condong mengikuti musik yang didengarnya.

Bunda juga bisa menampilkan video musik menggemaskan yang banyak tersedia di internet. Jadi, selain mendengarkan musik, anak juga bisa melihat unsur visual musik agar lebih menarik.

Berikut adalah beberapa tips untuk membuat anak-anak menyukai musik sejak usia muda, yang dapat dilakukan ibu dan ayah sekarang. Ingat, Bu, lakukan dengan perlahan dan mudah.